Mengenal siswa merupakan aspek penting yang mendukung tugas guru. karakter siswa adalah watak, aspek kejiwaan (psikologis ), dan sifat-sifat khas yang dibawa siswa semenjak lahir merupakan identitas diri yang membedakan dirinya dengan orang lain
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk penelaahan melalui refleksi diri yang dilakukan oleh peserta kegiatan pendidikan tertentu seperti guru dan atau kepala sekolah dalam situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki rasionalitas dan kebenaran serta kabsahan dari praktik sosial atau kependidikan.
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring.
Akar permasalahan yang dihadapi oleh guru abad ini adalah bukan pada faktor IQ atau kecerdasan tetapi yang menjadi masalah justru pada hati nurani. Hal ini tidak tergantung pada zaman dahulu atau sekarang permasalahan hati nurani menjadi penting, karena pendidikan yang membangun kecerdasan saja akan menghasilkan manusia-manusia yang hanya cerdas secara IQ teta[i tidak cerdas dalam mentalnya.